Temuan ini merupakan hasil penelitian oleh para peneliti di Concordia University terhadap 59 wanita. Semua peserta diminta mencatat kegiatan rutinitas kecantikan di sebuah buku.
Selama fase masa subur siklus menstruasi (kira-kira hari ke-8 sampai 15 dari siklus 28 hari), terjadi peningkatan signifikan pada fokus wanita. Mereka lebih cenderung memerhatikan penampilannya dan lebih sering membeli pakaian.
Peneliti menjelaskan, pola perilaku ini berkaitan dengan akar evolusi wanita.
"Di zaman nenek moyang wanita lebih fokus untuk kawin selama masa suburnya demi pembuahan. Sekarang, mekanisme psikologis dan fisiologis membuat wanita menjadi lebih mengonsumsi produk yang diinginkan selama masa subur mereka," jelas Profesor John Molson, dilansir melalui Healthday (2/8).
Peneliti juga menemukan kebiasaan makan para wanita mengalami penurunan selama hari-hari masa subur.
"Perempuan mengonsumsi lebih banyak kalori selama fase luteal atau fase tidak subur (kira-kira hari ke-16 sampai 28 dari siklus 28 hari) karena mengembangkan mekanisme psikologis dan fisiologis yang berkaitan dengan aktivitas non-produksi, seperti mencari banyak makanan," jelas Saad.